Kamis, 23 Februari 2017

Peranan TIK dalam Bidang Pemerintahan

Peranan TIK dalam Bidang Pemerintahan - manfaat teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis saja, akan tetapi juga dirasakan dirasakan oleh bidang pemerintahan.
Beberapa pemerintah daerah tingkat kabupaten atau kota dan pemerintah tingkat provinsi di Indonesia mulai memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan kegiatan kegiatan pemerintahan.
Di tingkat pusat, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga sudah dilakukan oleh beberapa departemen pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dikenal dengan istilah electronic government
Beberapa Pemerintah Daerah yang telah menjalankan adalah provinsi D.I Yogyakarta Kalimantan Timur Tarakan Kabupaten Kutai Timur Departemen Pendidikan Nasional Departemen dalam negeri dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian TIK Serta Kegunaanya

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan ditujukan untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain ada tiga bentuk hubungan yang dikenal dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan yaitu g2c g2b g2g.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah dengan masyarakat (G2C) adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan luas. Misalnya, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani administrasi dan utusan penduduk.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah dengan dunia usaha  (G2B) adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan dunia usaha. Misalnya, pengurusan Izin Usaha, permintaan data-data statistik yang dibutuhkan dunia usaha dan lain sebagainya.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah (G2G) adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintahan departemen lain, pemerintah di atas atau di bawahnya dan lain sebagainya.

Manfaat teknologi informasi dalam bidang pemerintahan memberikan keuntungan kepada masyarakat penggunanya antara lain sebagai berikut.
1. Meningkatnya layanan kepada masyarakat masyarakat dapat dilayani kapan saja dan dimana saja tanpa harus bergantung pada jam tanpa harus datang ke kantor pemerintahan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui website yang disediakan.
2 meningkatkan hubungan antara pemerintah dan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh. Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga meningkatkan transparansi pemerintahan yang dapat menumbuhkan kepercayaan dari dunia usaha dan masyarakat.
3. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat yang mudah diakses tersebut akan membuat masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan memberdayakan masyarakat.
4. Hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi momok bagi dunia usaha dan masyarakat bila berhubungan dengan pemerintah. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi membuat pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efisien. 
Selain manfaat-manfaat dalam bidang pelayanan manfaat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga telah dirasakan masyarakat pada acara khusus misalnya pada saat Pemilu hasil pemilu yang ditampilkan secara online 24 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar