Senin, 20 Februari 2017

Komputer Client dan Serve

A.Komputer Client
komputer client adalah komputer yang berada di dalam sebuah jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses data dan informasi.komputer client menerima layanan koneksi ke internet,layanan data, dan informasi, maupun layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer lain yang ada dalam jaringan. jumlah komputer client yang terdapat pada sebuah jaringan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan komputer. komputer client/user, sering juga dikenal dengan istilah /terminal ataupun workstation. Secara umum, komputer client merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server.

1.Peran Komputer Client
komputer client yang sudah terhubung ke dalam jaringan, akan dapat memperoleh informasi dan juga akses terhadap komputer server. Komputer client ini di operasikan secara manual oleh usernya, yaitu manusia untuk berbagai macam kebutuhan, seperti mencari data, bermain game online, atau kepentingan lainnya.

2.Spesifikasi komputer Client
komputer client tidak memerlukan spesifikasi khusus, yang terutama komputer tersebut bisa melakukan koneksi terhadap jaringan, baik jaringan LAN ataupun jaringan WAN, baik menggunakan kabel maupun nirkabel.

B.Komputer Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat dalam komputer server biasanya berisi data yang digunakan bersama-sama oleh komputer-komputer client. Pada jaringan yang besar, dimana data harus ditangani oleh server cukup besar, server untuk database dibuat terpisah untuk server jaringan. jika jaringan dihubungkan ke internet, maka komputer server berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet.

1.Fungsi utama dari server
fungsi utama dari server adalah sebagai database informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan oleh jaringan. semua data tersebut akan ditransmisikan mealui sistem jaringan agar dapat sampai ke komputer client.

2.Spesifikasi khusus dari komputer server
Dengan tugasnya yang harus bisa menyediakan data bagi client yang terhubung ke dalam jaringannya, maka komputer server wajib mampu untuk beroperasi secara penuh, yaitu 24 jam sehari. Maka dari itu, biasanya komputer server memiliki spesifikasi yang tidak ada pada komputer biasa pada umumnya, seperti power supply yang lebih baik, hardisk yang memiliki kapasitas besar, prosessor yang jauh lebih cepat dan tidak panas, kapasitas ram besar, serta berbagai spesifikasi khusus lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar