Kamis, 23 Februari 2017

Membuat Buletin dalam Word

Langkah 1 : Ceritanya

Ceritanya kita akan buat buletin sederhana berukuran A4 yang dilipat jadi 2. Warnanya monotone aja alias satu warna soalnya bakal difotokopi jadi gak perlu rame- rame. Rubriknya kita bikin jadi beberapa : Rubrik “Kajian Utama”, Rubrik “Tausiyah”, Rubrik “Kajian Ayat Qur’an”,  Rubrik “Foto Dokumentasi”, Rubrik “Pengumuman”, Dan terakhir rubrik Tim Redaksi.
Blueprintnya kurang lebih kayak gini :
9-19-2013 9-20-26 AM
9-19-2013 9-46-00 AM

Langkah 2 : Layouting

1. Buka aplikasi word. New => Blank Document => Create (atau double click di Blank Document juga bisa)
2. Rubah orientasi kertas jadi Landscape dengan ukuran A4. Page Layout => Orientation => Landscape. Page Layout => Size => A4.
image image
3. Kita akan buat Page A dulu. Buat text box sehingga tata letaknya mirip dengan kotak biru pada blue print page A. Insert => Text Box => Draw Text Box
image
image
4. Hasilnya jadi seperti ini ;
image
5. Buat layout untuk Page B juga. Kalau bingung untuk nambah page baru gini caranya : Insert => Blank Page.
image
Layout untuk Page B seperti ini :
image

Langkah 3 : Konten

1. Masukkan Logo Buletinmu. Buat Logo buletin sekreatif mungkin. Kalo Aku pake logo Itsar aja gak papa ya hehe.. :P. Cara masukin Logo : Insert => Picture. Layoutmu akan sedikit berantakan ketika memasukkan gambar. Dont Panic! Klik Gambar, lalu Picture Tools => Wrap Text => In Front of Text. Layout akan pulih seperti semula.
image
image
2. Apa nama buletin dakwah mu? Cari nama yang cukup Islami agar pembaca tahu bahwa kontennya sesuatu yang bernuansa Islam. Tapi kalau mau out of the box juga boleh. “Buldak” mungkin ? Buletin Dakwah hehehe.. Aku mau pake Al-Hafidz aja biar keren. Cara bikin Nama Buletin :  Insert => Wordart
image
image
3. Isi Konten Tiap Rubrik. Caranya sederhana, klik tiap kotak lalu mulai mengetiklah. Oya, jangan lupa psang judul kajian. Caranya sama menggunakan Word Art. Tapi ukurannya dikecilkan ya.
image
Kalau sudah hasilnya seperti ini :
image
image
Masih sederhana tapi udah cukup untuk diprint dan diperbanyak lho! Berleluasalah untuk eksplorasi lebih jauh dengan kostumisasi lebih jauh. Tambah gambar, rubah ukuran font, setting warna sana – sini bia lebih okeee..
4. Ada yang lupa : Kasih Nomor Halaman. Caranya buat lingkaran atau kotak di bagian bawah tiap halaman, lalu beri angka. Gampang kan! :). Insert => Shapes => Oval
image
image

Adakah cara lain?

Selain menggunakan Word, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang lain. Misalnya Corel Draw atau Microsoft Publisher. Hasilnya bisa berbeda tergantung skill Kamu di Aplikasi tersebut. Tapi Overall Aku cuma ingin menyampaikan bahwa bikin buletin gak serumit yang dibayangkan. Sederhana aja cukup insya Allah..
Oya, selain buat sendiri Kamu juga bisa beli Buletin yang dikeluarkan pihak ketiga. Misalnya mesjid dekat rumahmu rutin menerbitkan buletin. Kamu bisa beli rutin lalu sebarin ke sekolahmu.

Tips

Dalam membuat buletin kamu bisa mengoptimalkan manfaat yang dihasilkan dengan :
  • Memilih Tema-tema yang aktual yang membentuk opini. Salah satu kekuatan Buletin adalah kamu bisa membentuk Opini. Misal pengopinian mengenai pentingnya berjilbab atau shalat lima waktu. BUatlah materi yang membentuk opini ke arah sana.
  • Selain itu dapat juga tema-tema lain yang mudah dicerna, memotivasi seperti kisah sahabat, hikmah- hikmah, targhib dan tarhib, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar