Cara Membuat Tabel Di Office Word
– Tabel adalah sekumpulan data berupa kata-kata dan bilangan yang
disusunkan pada daftar berdasarkan kolom dan baris. Kolom dan baris pada
tabel mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Data yang tersusun
didalam tabel bisa ditulis berturut kebawah (vertical) dan juga berturut
kesamping (horizontal) dimana titik temunya masih mempunyai arti yang
sama yaitu berada di kolom dan baris tabel. Adapun tujuan dibuat tabel
adalah untuk memberikan informasi data secara ringkas sehingga
mempermudah orang lain dalam memahami informasi data yang dimaksud.
Banyak program komputer yang bisa kita
andalkan untuk membuat tabel. Dari banyaknya program komputer ada salah
satu program yang paling sering digunakan orang-orang dalam membuat
tabel yaitu program Microsoft Office. Dengan memiliki program Microsoft
Office banyak sekali keuntungannya, karena program Microsoft Office ini
adalah program yang didalamnya berisi sekumpulan program-program untuk
membantu pengerjaan kita dalam mengolah kata dan data.
Bila kita menginstall program Microsoft
Office kedalam komputer atau laptop, maka bukan hanya satu program saja
yang terpasang di komputer. Kita akan memperoleh beberapa program paket
kantor yaitu Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft
Office Power Point, Microsoft Office Access, Microsoft Office Publisher,
dan sebagainya. Semua program ini bisa kita gunakan untuk mempermudah
dan mempercepat penyelesaian pekerjaan kita dalam mengolah data dan
kata.
Bagi Anda yang bekerja di sekolah
contohnya maka bisa dikatakan wajib untuk menginstallkan program
Microsoft Office di komputernya. Karena banyak sekali data-data sekolah
yang harus diselesaikan pengerjaannya menggunakan program Microsoft
Office. Contoh kecilnya adalah ketika kita ingin membuat tabel. Untuk memenuhi keperluan membuat tabel, kita bisa menggunakan program Office Word dan Office Excel.
Bagi Anda yang hingga saat ini masih belum tahu bagaimana cara membuat tabel, maka saya akan membahasnya sampai tuntas. Cara membuat tabel pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan program Office Word. Walaupun sebenarnya lebih mudah menggunakan Office Excel. Insya kedepannya akan saya buatkan juga artikel membuat tabel di Office Excel.
Sebelum dilanjut sebagai contoh saya mempunyai informasi data seperti ini :
Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Angin Ribut pada Tahun Pelajaran
2016-2017 berjumlah 287 siswa yang terdiri dari 138 siswa laki-laki dan
149 siswa perempuan. Peserta didik kelas VI berjumlah 50 siswa yang
terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Peserta didik
kelas V berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 27
siswa perempuan. Peserta didik kelas IV berjumlah 52 siswa yang terdiri
dari 28 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Peserta didik kelas III
berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 26 siswa
perempuan. Peserta didik kelas II berjumlah 49 siswa yang terdiri dari
25 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Peserta didik kelas I
berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa
perempuan.
Tentunya dengan membaca informasi data
seperti diatas kita akan kesulitan dalam memahaminya. Berbeda jauh jika
data kita informasikan dalam bentuk tabel seperti contoh tabel di bawah
ini :
DAFTAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ANGIN RIBUT
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
No | Kelas | Jumlah Siswa | ||
L | P | Total | ||
1 | I | 18 | 20 | 38 |
2 | II | 25 | 24 | 49 |
3 | III | 20 | 26 | 46 |
4 | IV | 28 | 24 | 52 |
5 | V | 25 | 27 | 52 |
6 | VI | 22 | 28 | 50 |
Jumlah Total | 138 | 149 | 287 |
Berikut Cara Membuat Tabel Di Office Word 2007, 2010, dan 2013 Terlengkap
Dalam tutorial ini saya akan membahas
habis sampai tuntas membuat tabel di Microsoft Office Word. Artikel bisa
Anda jalankan pada Microsoft Office 2007, 2010, dan 2013. Untuk versi
Office dibawah 2007, misal 2003 silakan menyesuaikan saja.
Ada tujuh point penting yang dikuasai dalam membuat tabel agar Anda bisa mahir membuat tabel di Office Word, yaitu :
- Cara Membuat Tabel Di Office Word
- Cara Mengubah Ukuran Kolom Tabel Di Office Word
- Cara Mengubah Ukuran Baris Tabel Di Office Word
- Cara Mewarnai Kolom & Baris Tabel Di Office Word
- Cara Menyatukan Kolom & Baris Tabel Di Office Word
- Cara Menghapus Kolom & Baris Tabel Di Office Word
- Cara Menambah Kolom & Baris Tabel Di Office Word
1. Cara Membuat Tabel Di Office Word
Saat ini Anda jangan dulu memikirkan
data apa yang akan Anda tulis didalam tabel. Sekarang Anda pahami dulu
trips dan triknya dalam membuat tabel. Silakan Anda buka program
Microsoft Office Word yang sudah terpasang di komputer atau laptopnya.
Saya disini menggunakan Office Word 2007.
Hal pertama untuk membuat tabel di Office Word jika Office Word Anda sudah aktif adalah memilih menu Insert kemudian Tabel.
Anda sorot menggunakan kursor mouse secara mendatar (horizontal) dan
menurun (vertical) untuk membuat kolom dan baris tabel. Sesuaikan dengan
kebutuhan Anda jumlah kolom dan juga jumlah baris tabel ini. Begitu
Anda menyorot kotak-kotak persegi kecil tersebut maka akan tampil
preview tabel pada layar kerja Office Word. Jika sudah pas maka Anda
tinggal klik sekali menggunakan mouse.
Lalu bagaimana jika jumlah kotak-kotak
persegi kecil tersebut tidak cukup sesuai jumlah kolom dan baris yang
Anda butuhkan? Karena secara default jumlah kotak-kotak kecil untuk
membentuk kolom dan baris tabel tersebut adalah hanya 10 kolom dan 10
baris. Untuk mengatasinya adalah silakan Anda klik pilih Insert Table.
Disini Anda dapat dengan bebas
menentukan jumlah kolom dan baris tabel sesuai dengan yang Anda
perlukan. Sekedar contoh ketik angka 5 pada kolom Number of columns untuk menentukan jumlah kolom tabel. Kemudian ketik angka 10 pada kolom Number of rows untuk menentukan jumlah baris tabel. Terakhir Anda klik OK.
Begitu Anda selesai menentukan jumlah
kolom dan baris tabel maka pada menu bar Office Word akan bertambah dua
menu lagi, yaitu menu Design dan menu Layout. Kedua menu ini berfungsi untuk melakukan perubahan pada tabel yang sedang Anda kerjakan.
Menu Design berisi dengan sub menu : Table Style Options, Table Styles, dan Draw Borders.
Sedangkan menu Layout berisi sub menu : Table, Rows & Columns, Merge, Cell Size, Alignment, dan Date.
2. Cara Mengubah Ukuran Kolom Tabel Di Office Word
Setelah sukses membuat tabel dan sebagai
contoh disini saya membuat tabel dengan jumlah kolom 5 dan jumlah baris
10 langkah selanjutnya adalah mengubah tampilan tabel agar sesuai
dengan yang kita inginkan. Silakan Anda ketik dulu data tabel yang akan
Anda masukkan, contoh pada baris pertama saya mengetik No (Nomor), baris
kedua Nama, baris ketiga Tempat Lahir, baris keempat Tanggal Lahir, dan
baris kelima Jabatan.
Lalu bagaimana cara mengubah ukuran kolom tabel?
Misal disini kita melihat kolom tabel pertama terlalu besar, maka kita
harus mengecilkannya. Cara mengecilkan kolom tabel adalah silakan Anda
blok kolom yang akan diperkecil ukurannya kemudian dari menu Layout dan submenu Cell Size silakan Anda ketik angka yang diinginkan.
Cara lain untuk mengubah ukuran kolom tabel adalah dari Rule
(penggaris). Tapi sebelum dilanjut apakah Rule Office Word Anda sudah
tampil atau belum? Jika belum untuk menampilkannya adalah dari menu View Anda centang/checklist Rule.
Jika Rule (penggaris) Office Word sudah
tampil, untuk mengubah kolom tabel silakan Anda tempatkan kursor mouse
pada salah satu kolom tabel yang akan diubah ukurannya. Kemudian Drag atau Tarik (klik & tahan) pada Horizontal Ruler diatas ke kanan untuk memperbesar ukuran kolom dan ke kiri untuk memperkecil ukuran kolom.
3. Cara Mengubah Ukuran Baris Tabel Di Office Word
Untuk mengubah ukuran baris tabel di Office Word
langkahnya hampir sama dengan cara diatas. Bedanya kalau mengubah
ukuran baris angka yang kita ubah pada menu Layout sub menu Cell Size
adalah pada kolom Height. Tentunya sebelum Anda
mengubah ukuran baris tabel maka Anda harus mem-blok terlebih dahulu
baris tabel yang akan Anda ubah ukurannya.
Selain itu Anda juga bisa mengubah
ukuran baris tabel dari Rule (penggaris) seperti mengubah kolom tabel
diatas. Tempatkan kursor mouse pada baris yang akan Anda ubah ukurannya
lalu Drag atau Tarik (klik & tahan) pada Vertical Rule disebelah kiri ke atas untuk memperkecil baris tabel dan ke bawah untuk memperbesar baris tabel.
Pada menu Layout kita dapat menemukan sub menu Alignment,
ini fungsinya adalah untuk mengubah posisi tulisan pada kolom dan baris
tabel. Misal kita ingin memposisikan tulisan pada kolom tabel menjadi
rata tengah, maka klik pilih Align Center. Silakan Anda
coba satu persatu dan jangan sampai lupa untuk mem-blok tulisan
terlebih dahulu sebelum memilih efek yang diinginkan.
4. Cara Mewarnai Kolom & Baris Tabel Di Office Word
Langkah selanjutnya bagaimana cara mewarnai kolom & baris tabel di Office Word?
Tidak sulit untuk memberi warna pada kolom dan juga baris tabel. Untuk
mengubah tampilan tabel menjadi lebih menarik lagi semua pengaturannya
berkumpul di menu Design. Contohnya kita sekarang ingin
memberi warna pada baris tabel, silakan Anda blok terlebih dahulu baris
yang akan diberi warna lain kemudian klik pilih menu Design sub menu Shading. Pilih warna yang sesuai, misal disini saya memilih warna Orange. Jika tidak menemukan warna yang sesuai silakan klik pilih More Colors.
Di menu Design kita juga bisa mengubah
tampilan tabel dengan Style yang sudah jadi disiapkan oleh Office Word.
Silakan Anda pilih Style keren pada Table Styles yang mudah-mudahan ada yang cocok dengan selera Anda.
5. Cara Menyatukan Kolom & Baris Tabel Di Office Word
Adakalanya kita harus menyatukan atau
menggabungkan beberapa kolom dan baris tabel. Sebagai contoh pada tabel
yang saya buat di awal artikel, disitu jelas terlihat kalau kolom ke 3
hingga kolom ke 5 pada baris ke 1 digabungkan.
Untuk menyatukan beberapa kolom dan
baris tabel di Office Word caranya sangat mudah, yaitu silakan Anda blok
kolom atau baris yang akan satukan. Kemudian klik pilih menu Layout dan sub menu Merge kemudian Merge Cells. Cara cepatnya Anda bisa dengan melakukan klik kanan pada kolom atau baris tabel yang diblok dan klik pilih Merge Cells.
6. Cara Menghapus Kolom & Baris Tabel Di Office Word
Bagaimana kalau jumlah kolom atau baris tabel yang kita buat terlalu banyak lalu kita meski menghapusnya? Cara menghapus kolom & baris tabel di Office Word cukup mudah juga. Blok kolom atau baris yang akan Anda hapus kemudian klik pilih menu Layout > Delete > Delete Rows untuk menghapus baris tabel dan Delete Columns untuk menghapus kolom tabel.
Disini juga Anda bisa Delete Cells dan Delete Table
untuk menghapus semua tabel yang telah Anda buat di Office Word. Cara
cepat untuk menghapus kolom dan baris tabel di Office Word setelah Anda
mem-blok kolom atau baris, silakan tekan Backspace pada keyboard.
7. Cara Menambah Kolom & Baris Tabel Di Office Word
Jika tadi jumlah kolom dan baris tabel
kelebihan, kalau sekarang adalah kekurangan sehingga Anda perlu menambah
jumlah kolom atau baris tabel. Lalu bagaimana cara menambah kolom & baris tabel di Office Word? Posisi Anda masih berada di menu Layout dan silakan perhatian Anda tertuju pada sub menu Rows & Columns.
- Insert Above = Untuk menambah jumlah Baris Tabel ke atas;
- Insert Below = Untuk menambah jumlah Baris Tabel ke bawah;
- Insert Left = Untuk menambah jumlah Kolom Tabel ke kiri;
- Insert Right = Untuk menambah jumlah Kolom Tabel ke kanan;
Jangan sampai lupa posisikan kursor mouse pada kolom atau baris yang ingin Anda tambah jumlahnya sebelum memilih fungsi Rows & Columns.
Untuk menambah kolom dan baris tabel di Office Word selain dengan menggunakan cara diatas, langkah cepatnya bisa dengan cara Copy Paste. Blok kolom atau baris yang ingin ditambah kemudian klik kanan pilih Copy atau Ctrl+C lalu klik kanan Paste atau Ctrl+V pada keyboard. Selain itu Anda juga bisa dengan menempatkan kursor mouse di sebelah kanan tabel lalu tekan Enter pada keyboard.
Ok mungkin artikel Cara Membuat Tabel Di Office Word
dicukupkan sekian. Jika menurut Anda ada yang kurang lengkap tentang
artikel ini, silakan sampaikan saja komentarnya pada kotak komentar yang
sudah disediakan dibawah. Saya harap semoga artikel ini ada manfaatnya
bagi siapapun yang membutuhkan dan sampai bertemu lagi di artikel keren
lainnya. Salam sukses selalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar