Kamis, 23 Februari 2017

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013 Lengkap Gambar


Cara Membuat Tabel Di Office Word – Tabel adalah sekumpulan data berupa kata-kata dan bilangan yang disusunkan pada daftar berdasarkan kolom dan baris. Kolom dan baris pada tabel mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Data yang tersusun didalam tabel bisa ditulis berturut kebawah (vertical) dan juga berturut kesamping (horizontal) dimana titik temunya masih mempunyai arti yang sama yaitu berada di kolom dan baris tabel. Adapun tujuan dibuat tabel adalah untuk memberikan informasi data secara ringkas sehingga mempermudah orang lain dalam memahami informasi data yang dimaksud.
Banyak program komputer yang bisa kita andalkan untuk membuat tabel. Dari banyaknya program komputer ada salah satu program yang paling sering digunakan orang-orang dalam membuat tabel yaitu program Microsoft Office. Dengan memiliki program Microsoft Office banyak sekali keuntungannya, karena program Microsoft Office ini adalah program yang didalamnya berisi sekumpulan program-program untuk membantu pengerjaan kita dalam mengolah kata dan data.
Bila kita menginstall program Microsoft Office kedalam komputer atau laptop, maka bukan hanya satu program saja yang terpasang di komputer. Kita akan memperoleh beberapa program paket kantor yaitu Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point, Microsoft Office Access, Microsoft Office Publisher, dan sebagainya. Semua program ini bisa kita gunakan untuk mempermudah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan kita dalam mengolah data dan kata.
Bagi Anda yang bekerja di sekolah contohnya maka bisa dikatakan wajib untuk menginstallkan program Microsoft Office di komputernya. Karena banyak sekali data-data sekolah yang harus diselesaikan pengerjaannya menggunakan program Microsoft Office. Contoh kecilnya adalah ketika kita ingin membuat tabel. Untuk memenuhi keperluan membuat tabel, kita bisa menggunakan program Office Word dan Office Excel.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (0)
Bagi Anda yang hingga saat ini masih belum tahu bagaimana cara membuat tabel, maka saya akan membahasnya sampai tuntas. Cara membuat tabel pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan program Office Word. Walaupun sebenarnya lebih mudah menggunakan Office Excel. Insya kedepannya akan saya buatkan juga artikel membuat tabel di Office Excel.
Sebelum dilanjut sebagai contoh saya mempunyai informasi data seperti ini :
Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Angin Ribut pada Tahun Pelajaran 2016-2017 berjumlah 287 siswa yang terdiri dari 138 siswa laki-laki dan 149 siswa perempuan. Peserta didik kelas VI berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Peserta didik kelas V berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Peserta didik kelas IV berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Peserta didik kelas III berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Peserta didik kelas II berjumlah 49 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Peserta didik kelas I berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Tentunya dengan membaca informasi data seperti diatas kita akan kesulitan dalam memahaminya. Berbeda jauh jika data kita informasikan dalam bentuk tabel seperti contoh tabel di bawah ini :
DAFTAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ANGIN RIBUT
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
No Kelas Jumlah Siswa
L P Total
1 I 18 20 38
2 II 25 24 49
3 III 20 26 46
4 IV 28 24 52
5 V 25 27 52
6 VI 22 28 50
Jumlah Total 138 149 287

Berikut Cara Membuat Tabel Di Office Word 2007, 2010, dan 2013 Terlengkap

Dalam tutorial ini saya akan membahas habis sampai tuntas membuat tabel di Microsoft Office Word. Artikel bisa Anda jalankan pada Microsoft Office 2007, 2010, dan 2013. Untuk versi Office dibawah 2007, misal 2003 silakan menyesuaikan saja.
Ada tujuh point penting yang dikuasai dalam membuat tabel agar Anda bisa mahir membuat tabel di Office Word, yaitu :
  1. Cara Membuat Tabel Di Office Word
  2. Cara Mengubah Ukuran Kolom Tabel Di Office Word
  3. Cara Mengubah Ukuran Baris Tabel Di Office Word
  4. Cara Mewarnai Kolom & Baris Tabel Di Office Word
  5. Cara Menyatukan Kolom & Baris Tabel Di Office Word
  6. Cara Menghapus Kolom & Baris Tabel Di Office Word
  7. Cara Menambah Kolom & Baris Tabel Di Office Word

1. Cara Membuat Tabel Di Office Word

Saat ini Anda jangan dulu memikirkan data apa yang akan Anda tulis didalam tabel. Sekarang Anda pahami dulu trips dan triknya dalam membuat tabel. Silakan Anda buka program Microsoft Office Word yang sudah terpasang di komputer atau laptopnya. Saya disini menggunakan Office Word 2007.
Hal pertama untuk membuat tabel di Office Word jika Office Word Anda sudah aktif adalah memilih menu Insert kemudian Tabel. Anda sorot menggunakan kursor mouse secara mendatar (horizontal) dan menurun (vertical) untuk membuat kolom dan baris tabel. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda jumlah kolom dan juga jumlah baris tabel ini. Begitu Anda menyorot kotak-kotak persegi kecil tersebut maka akan tampil preview tabel pada layar kerja Office Word. Jika sudah pas maka Anda tinggal klik sekali menggunakan mouse.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (1)
Lalu bagaimana jika jumlah kotak-kotak persegi kecil tersebut tidak cukup sesuai jumlah kolom dan baris yang Anda butuhkan? Karena secara default jumlah kotak-kotak kecil untuk membentuk kolom dan baris tabel tersebut adalah hanya 10 kolom dan 10 baris. Untuk mengatasinya adalah silakan Anda klik pilih Insert Table.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (2)
Disini Anda dapat dengan bebas menentukan jumlah kolom dan baris tabel sesuai dengan yang Anda perlukan. Sekedar contoh ketik angka 5 pada kolom Number of columns untuk menentukan jumlah kolom tabel. Kemudian ketik angka 10 pada kolom Number of rows untuk menentukan jumlah baris tabel. Terakhir Anda klik OK.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (3)
Begitu Anda selesai menentukan jumlah kolom dan baris tabel maka pada menu bar Office Word akan bertambah dua menu lagi, yaitu menu Design dan menu Layout. Kedua menu ini berfungsi untuk melakukan perubahan pada tabel yang sedang Anda kerjakan.
Menu Design berisi dengan sub menu : Table Style Options, Table Styles, dan Draw Borders.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (4)
Sedangkan menu Layout berisi sub menu : Table, Rows & Columns, Merge, Cell Size, Alignment, dan Date.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (5)

2. Cara Mengubah Ukuran Kolom Tabel Di Office Word

Setelah sukses membuat tabel dan sebagai contoh disini saya membuat tabel dengan jumlah kolom 5 dan jumlah baris 10 langkah selanjutnya adalah mengubah tampilan tabel agar sesuai dengan yang kita inginkan. Silakan Anda ketik dulu data tabel yang akan Anda masukkan, contoh pada baris pertama saya mengetik No (Nomor), baris kedua Nama, baris ketiga Tempat Lahir, baris keempat Tanggal Lahir, dan baris kelima Jabatan.
Lalu bagaimana cara mengubah ukuran kolom tabel? Misal disini kita melihat kolom tabel pertama terlalu besar, maka kita harus mengecilkannya. Cara mengecilkan kolom tabel adalah silakan Anda blok kolom yang akan diperkecil ukurannya kemudian dari menu Layout dan submenu Cell Size silakan Anda ketik angka yang diinginkan.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (6)
Cara lain untuk mengubah ukuran kolom tabel adalah dari Rule (penggaris). Tapi sebelum dilanjut apakah Rule Office Word Anda sudah tampil atau belum? Jika belum untuk menampilkannya adalah dari menu View Anda centang/checklist Rule.
Jika Rule (penggaris) Office Word sudah tampil, untuk mengubah kolom tabel silakan Anda tempatkan kursor mouse pada salah satu kolom tabel yang akan diubah ukurannya. Kemudian Drag atau Tarik (klik & tahan) pada Horizontal Ruler diatas ke kanan untuk memperbesar ukuran kolom dan ke kiri untuk memperkecil ukuran kolom.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (7)

3. Cara Mengubah Ukuran Baris Tabel Di Office Word

Untuk mengubah ukuran baris tabel di Office Word langkahnya hampir sama dengan cara diatas. Bedanya kalau mengubah ukuran baris angka yang kita ubah pada menu Layout sub menu Cell Size adalah pada kolom Height. Tentunya sebelum Anda mengubah ukuran baris tabel maka Anda harus mem-blok terlebih dahulu baris tabel yang akan Anda ubah ukurannya.
Selain itu Anda juga bisa mengubah ukuran baris tabel dari Rule (penggaris) seperti mengubah kolom tabel diatas. Tempatkan kursor mouse pada baris yang akan Anda ubah ukurannya lalu Drag atau Tarik (klik & tahan) pada Vertical Rule disebelah kiri ke atas untuk memperkecil baris tabel dan ke bawah untuk memperbesar baris tabel.
Pada menu Layout kita dapat menemukan sub menu Alignment, ini fungsinya adalah untuk mengubah posisi tulisan pada kolom dan baris tabel. Misal kita ingin memposisikan tulisan pada kolom tabel menjadi rata tengah, maka klik pilih Align Center. Silakan Anda coba satu persatu dan jangan sampai lupa untuk mem-blok tulisan terlebih dahulu sebelum memilih efek yang diinginkan.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (8)

4. Cara Mewarnai Kolom & Baris Tabel Di Office Word

Langkah selanjutnya bagaimana cara mewarnai kolom & baris tabel di Office Word? Tidak sulit untuk memberi warna pada kolom dan juga baris tabel. Untuk mengubah tampilan tabel menjadi lebih menarik lagi semua pengaturannya berkumpul di menu Design. Contohnya kita sekarang ingin memberi warna pada baris tabel, silakan Anda blok terlebih dahulu baris yang akan diberi warna lain kemudian klik pilih menu Design sub menu Shading. Pilih warna yang sesuai, misal disini saya memilih warna Orange. Jika tidak menemukan warna yang sesuai silakan klik pilih More Colors.
Di menu Design kita juga bisa mengubah tampilan tabel dengan Style yang sudah jadi disiapkan oleh Office Word. Silakan Anda pilih Style keren pada Table Styles yang mudah-mudahan ada yang cocok dengan selera Anda.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (9)

5. Cara Menyatukan Kolom & Baris Tabel Di Office Word

Adakalanya kita harus menyatukan atau menggabungkan beberapa kolom dan baris tabel. Sebagai contoh pada tabel yang saya buat di awal artikel, disitu jelas terlihat kalau kolom ke 3 hingga kolom ke 5 pada baris ke 1 digabungkan.
Untuk menyatukan beberapa kolom dan baris tabel di Office Word caranya sangat mudah, yaitu silakan Anda blok kolom atau baris yang akan satukan. Kemudian klik pilih menu Layout dan sub menu Merge kemudian Merge Cells. Cara cepatnya Anda bisa dengan melakukan klik kanan pada kolom atau baris tabel yang diblok dan klik pilih Merge Cells.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (10)

6. Cara Menghapus Kolom & Baris Tabel Di Office Word

Bagaimana kalau jumlah kolom atau baris tabel yang kita buat terlalu banyak lalu kita meski menghapusnya? Cara menghapus kolom & baris tabel di Office Word cukup mudah juga. Blok kolom atau baris yang akan Anda hapus kemudian klik pilih menu Layout > Delete > Delete Rows untuk menghapus baris tabel dan Delete Columns untuk menghapus kolom tabel.
Disini juga Anda bisa Delete Cells dan Delete Table untuk menghapus semua tabel yang telah Anda buat di Office Word. Cara cepat untuk menghapus kolom dan baris tabel di Office Word setelah Anda mem-blok kolom atau baris, silakan tekan Backspace pada keyboard.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (11)

7. Cara Menambah Kolom & Baris Tabel Di Office Word

Jika tadi jumlah kolom dan baris tabel kelebihan, kalau sekarang adalah kekurangan sehingga Anda perlu menambah jumlah kolom atau baris tabel. Lalu bagaimana cara menambah kolom & baris tabel di Office Word? Posisi Anda masih berada di menu Layout dan silakan perhatian Anda tertuju pada sub menu Rows & Columns.
  • Insert Above = Untuk menambah jumlah Baris Tabel ke atas;
  • Insert Below = Untuk menambah jumlah Baris Tabel ke bawah;
  • Insert Left = Untuk menambah jumlah Kolom Tabel ke kiri;
  • Insert Right = Untuk menambah jumlah Kolom Tabel ke kanan;
Jangan sampai lupa posisikan kursor mouse pada kolom atau baris yang ingin Anda tambah jumlahnya sebelum memilih fungsi Rows & Columns.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (12)
Untuk menambah kolom dan baris tabel di Office Word selain dengan menggunakan cara diatas, langkah cepatnya bisa dengan cara Copy Paste. Blok kolom atau baris yang ingin ditambah kemudian klik kanan pilih Copy atau Ctrl+C lalu klik kanan Paste atau Ctrl+V pada keyboard. Selain itu Anda juga bisa dengan menempatkan kursor mouse di sebelah kanan tabel lalu tekan Enter pada keyboard.
Cara Membuat Tabel Di Office Word (13)
Ok mungkin artikel Cara Membuat Tabel Di Office Word dicukupkan sekian. Jika menurut Anda ada yang kurang lengkap tentang artikel ini, silakan sampaikan saja komentarnya pada kotak komentar yang sudah disediakan dibawah. Saya harap semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar