Kamis, 23 Februari 2017

Cara Menggunakan VoIP

Voice over Internet Protocol atau Voice over IP atau VoIP ialah salah satu bentuk kemajuan di bidang teknologi informasi nan memungkinkan kita melakukan komunikasi jeda jauh berupa percakapan suara melalui internet sebagai medianya. Ringkasnya, Voice over IP ialah suara nan diubah ke dalam bentuk kode digital dan ditransfer melalui protocol internet . Salah satu program komputer nan memanfaatkan teknologi ini ialah Skype.


Sejarah VoIP Penemuan Voice over IP tak terlepas dari inovasi Graham Bell atas telepon di tahun 1876 silam. Prinsip kerja telepon konvensional dikembangkan ke dalam bentuk Public Switched Telephone Network (PSTN) nan masih terus berkembang hingga sekarang.
Penemuan komputer dan khususnya PC dan koneksi internet juga berpengaruh terhadap inovasi Voice over IP. Penemuan-penemuan iptek di bidang lain, seperti berbagai sistem komunikasi dan inovasi telepon selular juga memengaruhi inovasi Voice over IP.
Di tahun 1995, saat koneksi internet berkembang dan banyak digunakan buat mengirim pesan berupa teks dan gambar (dalam surel), dikembangkanlah teknologi bernama Voice over IP. Awalnya, VoIP hanya eksperimen sederhana nan dilakukan oleh orang-perorangan dan beberapa perusahaan kecil seperti Vocaltech.
Setelah prinsip kerjanya mulai dipahami, Microsoft menciptakan pelaksanaan pertama pendukung Voice over IP nan dinamai Netmeeting. Koneksi internet di tahun 1990-an masih sangat lambat. Oleh sebab itu, percakapan suara masih sulit dilakukan. Seiring berjalannya waktu, koneksi internet semakin canggih dan prinsip kerja Voice over IP semakin modern.


Prinsip Kerja VoIP Protokol internet ialah hal primer nan dibutuhkan dalam kerja Voice over IP. Beberapa contoh protokol jaringan internet nan biasanya digunakan dalam pelaksanaan Voice over IP ialah Media Gateway Control Protocol (MGCP), H.323, Real-time Transport Protocol (RTP), Session Initiation Protocol (SIP), Inter-Asterisk eXchange (IAX), dan Session Description Protocol (SDP).
Dari sekian banyak protokol jaringan, H.323 ialah salah satu nan kerap kali digunakan sebagai protokol Voice over IP. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi informasi, H.323 menjadi semakin sporadis digunakan dan digantikan oleh Session Initiation Protocol (SIP).
Percakapan suara melalui dua buah komputer nan terhubung dengan koneksi internet ialah contoh sederhana penerapan Voice over IP. Untuk memulai percakapan suara tersebut, perangkat keras seperti mikrofon dan pengeras suara (atau earphone ) absolut dibutuhkan. Perangkat lunak nan harus terinstal di dalam komputer tersebut ialah program nan mendukung terhubungnya koneksi Voice over IP, seperti Skype dan Yahoo Messenger.
Program-program tersebut bukan hanya mendukung transfer arsip dalam bentuk suara, tetapi juga dalam bentuk teks dan gambar. Namun, nan ditekankan dalam penggunaan Voice over IP ialah percakapan dalam bentuk suara. Voice over IP dapat menjadi pilihan komunikasi murah meriah dibandingkan menelepon secara interlokal atau internasional.
Seiring berkembangnya teknologi di bidang TI, Voice over IP mengalami berbagai evolusi. Tidak hanya mengandalkan seperangkat komputer nan terhubung melalui jaringan internet, Voice over IP kini juga bisa diaplikasikan melalui peralatan elektronik lain seperti pesawat telepon atau smartphone.
Prinsip jaringan data digital Voice over IP bisa dikoneksikan dengan jaringan analog telepon konvensional. Salah satu penerapannya ialah bentuk komunikasi antara pesawat telepon extension dan komputer di sebuah kantor.
Lebih jauh lagi, bentuk komunikasi Voice over IP ini semakin canggih. Tidak hanya percakapan dalam bentuk suara, kini percakapan dalam bentuk video conference juga dapat dilakukan. Bentuk komunikasi ini ialah perkembangan teknologi Voice over IP nan disebut dengan IP Telephony. Kemudahan dan hematnya biaya menyebabkan VoIP semakin banyak digunakan oleh masyarakat.
Kini, komunikasi nan mengandalkan keterhubungan jaringan komputer satu dengan komputer lainnya dianggap sebagai bentuk Voice over IP nan paling sederhana dan konvensional. Jaringan Voice over IP nan kini banyak digunakan ialah penggabungannya dengan jaringan PABX.


Cara Menggunakan VoIP Menggunakan Voice over IP buat menghubungi teman dan kerabat merupakan hal nan menyenangkan. Sebelum memutuskan buat bercakap-cakap dengan Voice over IP, pastikan Anda dan teman atau kerabat menggunakan provider Voice over IP nan sama. Akan tetapi, syarat ini tak absolut sebab beberapa provider Voice over IP telah terhubung satu sama lainnya.
Voice over IP memang memungkinkan Anda buat menghubungi nomor telepon, ponsel, atau SLI. Akan tetapi, patut diingat bahwa melakukan percakapan ke telepon memerlukan biaya tambahan. Biaya tersebut majemuk di setiap provider.
Nah, buat berkomunikasi dari provider Voice over IP satu ke provider Voice over IP lainnya Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Satu-satunya biaya nan harus Anda pertimbangkan ialah biaya koneksi internetnya. Untuk melakukan percakapan melalui Voice over IP konvensional, Anda membutuhkan hal-hal berikut:
  1. Koneksi internet
  1. Seperangkat komputer, lengkap dengan mikrofon (baik internal maupun eksternal ) dan speaker atau headset . Keberadaan webcam merupakan nilai tambah nan memungkinkan Anda melakukan video conference . Sebelum memulai percakapan, pastikan semua komponen berjalan lancar.
  1. Program komputer nan mendukung Voice over IP. Bisa berupa Skype, Yahoo Messenger, atau program lain nan sinkron dengan provider Voice over IP Anda.
  1. Daftarkan nomor telepon ke penyedia layanan Voice over IP. Pilihlah penyedia layanan Voice over IP gratis. Di Indonesia, ada VoMa (VoIP Marsinah) di voip.marsinah.com atau VoIP Rakyat di www.voiprakyat.or.id.
  1. Ikuti petunjuk dari penyedia layanan Voice over IP nan Anda gunakan.


Keuntungan Menggunakan VoIP Inilah beberapa laba dalam menggunakan Voice over IP.
  1. Murah meriah. Dengan biaya nan minim, Anda bisa berkomunikasi dengan kerabat atau teman di belahan global mana pun. Hal ii bisa anda lakukan selama ia juga menggunakan VoIP dan selama koneksi internet Anda baik.
  1. Dapat berkomunikasi dengan mendayagunakan infrastruktur jaringan data nan tersedia buat suara. Poin ini bermanfaat apabila sebuah perusahaan pengguna Voice over IP sudah memiliki jaringan. Jaringan nan sudah ada bisa dimodifikasi dan dibuatkan jaringan Voice over IP. Prosesnya mudah dan tak memerlukan biaya bulanan tambahan.
  1. Hanya memerlukan bandwidth dalam porsi kecil dibandingkan telepon konvensional. Kemajuan teknologi memungkinkan komunikasi suara nan meminimalisasi penggunaan bandwidth . Saat ini, komunikasi suara hanya memerlukan bandwidth sebesar 8Kbps.
  1. Jaringan Voice over IP dapat digabungkan dengan jaringan telepon konvensional nan ada (PABX), sehingga memungkinkan komunikasi antar-kantor dengan jaringan Voice over IP melalui pesawat telepon konvensional.
  1. Jaringan-jaringan Voice over IP dapat digabung dan dijadikan sebuah jaringan besar nan terpadu, seperti VoIP Rakyat.
  1. Variasi media nan fleksibel. Komunikasi dari PC dapat disambungkan ke pesawat telepon, misalnya.


Kerugian Menggunakan VoIP Jaringan Voice over IP memiliki beberapa kelemahan nan mesti menjadi pertimbangan saat Anda memutuskan buat berkomunikasi melalui jaringan ini. Kelemahan-kelemahan Voice over IP di antaranya :
  1. Kualitas suara nan dihasilkan tak sebaik jaringan telepon konvensional. Rendahnya kualitas suara merupakan dampak dari proses kompresi suara dengan mengutamakan minimalisasi penggunaan bandwidth . Jernih atau tidaknya suara juga dipengaruhi oleh koneksi internet nan digunakan. Jika Anda menggunakan koneksi broadband , suara nan dihasilkan akan cukup baik dan tak putus-putus.
  1. Terdapat jarak kosong selama berkomunikasi. Proses mengubah suara menjadi kode digital dan mentransfernya membutuhkan beberapa detik. Ini mengakibatkan timbulnya jarak waktu selama percakapan berlangsung. Akan tetapi, jarak ini bisa dikurangi jika menggunakan koneksi broadband nan mempercepat proses transformasi dan transfer data (suara).
  1. Khusus di Indonesia, pemerintah membuat batasan penggunaan jaringan. Jaringan Voice over IP harus tersambung ke jaringan nan dimiliki oleh Telkom.
  1. Perlu ada konfirmasi terlebih dahulu kepada versus bicara, agar kedua belah pihak menyalakan koneksi internet dan mengaktifkan program pelaksanaan pendukung Voice over IP-nya secara bersamaan.
  1. Walaupun bisa digunakan secara cuma-cuma, Anda harus memperhitungkan peralatan penunjang Voice over IP nan harganya nisbi mahal. Kabar baiknya, semakin hari peralatan-peralatan tersebut semakin turun harganya dan semakin mudah ditemukan.
  1. Ada potensi jaringan terhambat. Saat banyak pihak mempergunakan VoIP dalam waktu nan bersamaan, jaringan data akan terhambat sebab penuh dan tak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, pelaksanaan Voice over IP dalam perusahaan perlu mempertimbangkan pengelolaan bandwidth yang baik agar jaringan perusahaan tak cepat jenuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar